a.    Kabel : Jenis-jenis kabel

Jenis media transmisi komunikasi data untuk berkomunikasi antara perangkat computer untuk saling berkomunikasi. Jenis-jenis kabel terdiri dari :

  • Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
  • Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
  • Kabel Coaxial

b.    Wireless : Gelombang Micro, Satelit, GPS (Global Positioning System), Gelombang Radio, Infra Merah

  • Gelombang Micro             : gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi (Super High Frequency, SHF), yaitu di atas 3 GHz (3×109 Hz). Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut
  • Satelit        :  alat elektronik yang mengorbit bumi yang mampu bertahan sendiri.Bisa diartikan sebagai repeater yang berfungsi untuk menerima signal gelombang microwave dari stasiun bumi, ditranslasikan frequensinya, kemudian diperkuat untuk dipancarkan kembali ke arah bumi sesuai dengan coveragenya yang merupakan lokasi stasiun bumi tujuan atau penerima
  • GPS (Global Positioning System)            :  perangkat komunikasi wireless yang digunakan untuk penentuan posisi koordinat suatu objek yang dilakukan melalui komunikasi dengan perangkat satelit. Contohnya untuk membuat jalur perjalanan lalu lintas pada kendaraan mobil dari tempat asal ke tempat tujuan.
  • Gelombang Radio             :  Gelombang yang memancarkan sinyal melalui frekwensi radio, misalnya gelombang Wifi dengan frekwensi di 2,4, GHz
  • Infra Merah           :  Gelombang yang memancarkan sinyal melalui gelombang inframerah dimana antara perangkat sumber dan perangkat tujuan harus saling berhadapan dan tidak boleh ada halangan serta biasanya dalam jarak dekat.

c.    Teknologi Radio Seluler : WAP (Wireless Aplication Protokol), WML (Wireless Markup Langauge)

  • WAP (Wireless Aplication Protokol)         :  Protokol dalam telekomunikasi seluler yang berguna untuk mengirimkan data dalam bentuk halaman-halaman web.
  • WML (Wireless Markup Langauge)          :  Bahasa pemrograman web yang digunakan pada perangkat telekomunikasi seluler misalnya hand phone. WML seperti layaknya HTML pada halaman web di computer yang terhubung ke internet.

d.    Mobile Computer              : Perangkat computer yang bisa untuk dipakai kemana-mana yang sifatnya dinamis/bergerak, misalnya seperti laptop, notebook, netbook.

e.    Personal Communication Service (PCS)            :  sistem pelayanan telekomunikasi nirkabel model baru yang dirancang khusus untuk kebutuhan individu. Ini berarti nomor-nomor telepon yang digunakan pada handset PCS akan menjadi sangat melekat erat secara spesifik pada tiap individu, dan jenis maupun ciri pelayanan yang dibutuhkan oleh tiap pelanggan akan dibuat khusus sesuai kebutuhan-kebutuhan tiap individu

d.   Personal Digital Assistant                   :  Perangkat komunikasi yang sifatnya multifingsi, bisa digunakan untuk alat komunikasi suara, berkomunikasi ke dunia internet, dan untuk melakukan pekerjaan administrasi perkantoran, pembuatan jadwal pekerjaan ataupun jadwal pribadi, dan fasilitas lainnya.

Referensi     :   dari berbagai sumber di internet

Iklan